Art Original
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengertian kurikulum secara modern adalah semua kegiatan dan pengalaman potensial (isi/materi) yang telah disusun secara ilmiah, baik yang terjadi di dalam kelas, di halaman sekolah, maupun diluar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Kegiatan belajar di sekolah meliputi: menyimak, bertanya, berdiskusi, melakukan demonstrasi, belajar di perpustakaan, melakukan eksperimen di laboratorium, olahraga dan lain-lain. Sedangkan kegiatan di luar sekolah (out of school) seperti mengejarkan tugas di rumah (PR), observasi, wawancara, studi banding, pengabdian pada masyarakat, program pengalaman lapangan, dan lain-lain. Begitu juga dengan pengalaman belajar, ada pengalaman belajar, ada pengalaman langsung dan ada pengalaman belajar tidak langsung. Dengan demikian intra-curricular, extra-curicullar, dan co-curricular, termasuk kurikulum. Ketiga, guru sebagai pengembang kurikulum perlu menggunakan multi strategi dan pendekatan, serta berbagai sumber belajar secara bervariasi. Keempat, tujuan akhir kurikulum bukan untuk memperoleh ijazah, tetapi untuk mencapai tujuan pendidikan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain